Dalam penerapan SEO, internal links atau tautan internal jadi salah satu komponen yang penting banget untuk diperhatikan. Definisi dari tautan internal adalah suatu hyperlink yang mengarah ke halaman berbeda pada situs web yang sama. Jenis tautan ini berbeda dengan tautan eksternal, yang menghubungkan ke halaman di situs web lain.
Pemahaman mendalam tentang internal link ini akan bisa membantumu dalam memaksimalkan fungsi SEO on-page. Nah, penasaran bagaimana cara membangun internal link yang tepat untuk websitemu? Yuk, simak ulasan berikut ini.
Table of Contents
Kenapa Internal Links Penting untuk SEO?
Pernahkah kamu mengunjungi sebuah situs lalu secara alami berpindah dari satu halaman ke halaman lain hanya dengan meng-klik tautan di dalamnya? Itulah kekuatan internal links.
Meski tampak sederhana, internal link memiliki peran besar dalam membangun struktur situs yang kuat dan ramah mesin pencari.
Dalam dunia SEO, strategi ini bukan hanya soal mengarahkan pengunjung, tetapi juga tentang membantu Google memahami hubungan antar konten di websitemu.
Internal links merupakan bagian krusial dari SEO karena tiga alasan utama, yaitu:
- Tautan internal membantu mesin pencari memahami struktur websitemu
- Ia membantu pengguna mengakses bagian tertentu pada situsmu
- Ia meneruskan otoritas.
Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:
Membantu Mesin Pencari Memahami Struktur Situsmu
Ketika kamu menggunakan internal links secara strategis, kamu memberi sinyal bahwa halaman A terkait dengan halaman B. Ini membantu Google memahami konteks halamanmu dan bagaimana berbagai halaman terkait satu sama lain.
Struktur tautan internal yang kokoh juga membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman-halaman di situsmu. Seperti yang dijelaskan oleh Google dalam panduannya tentang cara mesin pencari bekerja, yaitu “Beberapa halaman diketahui karena Google telah mengindeksnya sebelumnya.
Halaman lain ditemukan ketika Google mengikuti tautan dari halaman yang sudah dikenal menuju halaman baru.” Tidak hanya itu, internal links juga bisa membantu menunjukkan hubungan kontekstual antara dua halaman.
Berikut adalah representasi visual bagaimana tautan tersebut berfungsi:
Meneruskan Otoritas
Tautan internal membantu meneruskan otoritas atau pagerank ke halaman lain di situsmu. PageRank adalah algoritma yang digunakan Google untuk mengukur tingkat pentingnya suatu halaman web berdasarkan tinggi peringkatnya.
Misalnya, halaman A mempunyai tautan eksternal berotoritas yang mengarah padanya. Ini berarti halaman A memiliki lebih banyak otoritas melalui PageRank. Otoritas ini kemudian dapat dialirkan ke halaman C melalui tautan internal.
Contohnya:
Mengidentifikasi halaman-halaman ini bisa membantumu memanfaatkan otoritas yang masuk ke websitemu untuk meningkatkan peringkat di mata Google.
Membantu Pengguna Menavigasi Antar Halaman yang Relevan
Tautan internal juga meningkatkan pengalaman pengguna (UX) situsmu dengan membantu pengunjung menemukan konten terkait. Sebagai contoh, seorang pengguna mendarat di halaman informatif di situsmu tentang “cara membangun PC.”
Kamu bisa menyertakan tautan internal ke halaman produk terkait dengan suku cadang PC atau ke konten terkait seperti artikel tentang “cara memperbaiki kipas PC.”
Tujuanmu mengaplikasikan internal links tersebut adalah untuk menjaga pengguna tetap berada di situsmu sehingga mereka menyelesaikan tindakan yang kamu inginkan, seperti melakukan pembelian, mengisi formulir, membeli produk, dan sebagainya.
Menampilkan konten yang relevan dan bermanfaat pada halaman yang tepat adalah cara yang sempurna untuk melakukannya.
Baca juga: Panduan Belajar SEO untuk Pemula
Cara Membangun Strategi Internal Links
Internal link sering kali dianggap sepele, padahal perannya sangat krusial dalam strategi SEO yang sukses.
Bayangkan situs webmu seperti sebuah kota, dan internal link adalah jalan yang menghubungkan antarbangunan penting. Tanpa rute yang jelas, pengunjung bisa tersesat, begitu pula mesin pencari.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari implementasi internal links, strategi yang kamu terapkan harus tepat. Yuk, simak caranya berikut ini.
Identifikasi Halaman Pilar Situsmu
Mulailah dengan membuat daftar pilar page, yaitu halaman pusat tentang topik luas yang terhubung ke halaman-halaman terkait yang lebih spesifik.
Halaman-halaman pilar tersebut akan membantumu membangun kelompok topik yang merupakan kumpulan konten tentang topik tertentu. Membuat halaman pilar dan kelompok topik akan membantumu membangun struktur situsmu.
Halaman-halaman pilar seharusnya ditargetkan untuk kata kunci umum dengan volume pencarian tinggi daripada kata kunci panjang yang lebih spesifik. Bayangkan halaman pilarmu sebagai bagian atas corong pemasaranmu. Pelanggan yang melihatnya akan tertarik dan mencari tahu tentang informasi umum dari produk tersebut.
Tapi, berhati-hatilah! Jangan sampai kamu terjebak dalam perangkap dimana kamu mengindentifikasi terlalu banyak halaman pilar, atau laman tersebut jadi terlalu spesifik. Jika kamu ingin lebih spesifik, kamu perlu membaca poin selanjutnya.
Buat Kelompok Topik dengan Menggunakan Internal Links
Sekarang setelah kamu mengidentifikasi halaman pilar, saatnya mengembangkan kelompok topik yang lebih spesifik untuk masing-masing topik tersebut. Pikirkan halaman pilarmu sebagai topik utama dan kelompok sebagai topik pendukung yang lebih spesifik.
Jadi, jika halaman pilarmu tentang “copywriting,” kelompokmu mungkin mencakup “Apa Itu Copywriting?” dan “Alat Copywriting.” Kamu bahkan bisa membuat kelompok lebih detail untuk kelompok tersebut. Misalnya, dukung kelompok “email copywriting” dengan halaman-halaman tentang garis subjek dan call-to-action (CTA).
Halaman-halaman ini perlu menghubungkan kembali ke halaman pilar untuk menunjukkan relevansi topikal dan menandakan bahwa halaman pilar utama adalah sumber yang paling terpercaya. Untuk memulai, peta kelompok topikmu dan bangun ide untuk halaman pendukung yang relevan.
Jika kamu tidak yakin bagaimana membuat kelompok topik atau halaman pendukung, gunakan generator kata kunci seperti Keyword Magic Tool milik Semrush. Caranya:
- Masukkan kata kunci umum seperti “copywriting”: Kamu dapat mencari hasil atau menggunakan kolom sebelah kiri untuk menemukan kelompok kata kunci terkait.
- Klik “course” atau “email” di kolom sebelah kiri untuk menemukan kata kunci terkait yang lebih spesifik.
- Gunakan halaman pendukung untuk menargetkan kata kunci yang sangat spesifik. Seperti kelompok topik seharusnya saling terkait dengan halaman pilar, konten pendukung juga seharusnya melakukan hal yang sama.
Pilih Anchor Text yang Sesuai
Kamu punya kendali penuh atas anchor text di situsmu. Pikirkan baik-baik kata dan frasa apa yang kamu gunakan sehingga mereka dengan jelas menunjukkan topik halaman sasaran.
Anchor text yang berkualitas membantu pengguna dan mesin pencari menentukan apa yang halaman tersebut sebelum mereka mengkliknya.
Anchor text adalah teks yang dapat diklik yang muncul dalam hiperlink, seperti ini:
Membuat teks jangkar yang relevan juga memungkinkan algoritma Google memahami struktur situsmu—yang memberikannya lebih banyak konteks tentang bagaimana halaman terkait satu sama lain. Anchor text yang ramah SEO punya ciri-ciri sebagai berikut:
- Singkat: jaga agar anchor text tetap singkat sehingga jelas bagi pengguna dan mesin pencari tentang topik halaman. Idealnya, anchor text berjumlah nggak lebih dari lima kata.
- Relevan: hindari teks jangkar yang ambigu, seperti “klik di sini” atau “hack hidup aneh ini akan membantumu kehilangan 10 kilogram seminggu.” Kedua opsi tersebut tidak memberi tahu Google tentang apa halaman yang terhubung sebenarnya
- Teroptimalkan: kemungkinan besar kamu nggak akan dihukum karena menggunakan teks jangkar yang sesuai dengan tautan internal asalkan teks jangkar relevan dengan halaman yang terhubung. Tapi, pastikan kamu nggak mengaplikasikan terlalu banyak keyword di dalamnya, alias keyword stuffing.
Identifikasi Halaman Otoritatif Situsmu
Halaman-halaman otoritatifmu memiliki backlink berkualitas tinggi, yaitu, tautan dari halaman eksternal yang mengarah padanya. Google melihat backlink sebagai suara percaya diri. Jadi, jika sebuah halaman memiliki banyak suara, yaitu backlink, sebagian otoritas itu bisa diwariskan.
Tujuannya adalah untuk meneruskan otoritas ini (atau ekuitas tautan) ke halaman lain melalui tautan internal secara strategis. Untuk melakukannya, kamu perlu menemukan halaman-halaman paling otoritatif dari situsmu dengan menggunakan alat Analisis Backlink dari Semrush.
Dukung Halaman Barumu
Struktur internal links yang kuat sangat penting jika kamu belum mendapatkan banyak backlink otoritatif. Untuk memulai, pilih potongan konten baru atau halaman yang ingin kamu tingkatkan kinerjanya. Kemudian, identifikasi peluang tautan internal yang relevan.
Selanjutnya, simak langkah-langkahnya berikut:
- Setelah memilih konten yang kamu inginkan, lakukan pencarian situs Google untuk menemukan halaman terkait di situsmu yang menyebut kata kunci target halaman ini.
- Misalnya, kita bisa mencari “site:optimaise.co.id tautan internal” untuk menemukan artikel terkait panduan ini dan menambahkan backlink.
- Untuk membuat proses lebih lancar, telusuri hasil pencarian dan cari semua halaman terkait dengan halaman otoritatifmu.
- Kemudian, tempel tautan-tautan tersebut ke dalam dokumen strategimu.
- Setelah menyusun daftarmu, tambahkan backlink ke setiap halaman yang diidentifikasi. Centang tautan saat kamu melakukannya.
- Dengan cara ini, jika salah satu halaman mendapatkan otoritas, sebagian dari otoritas itu dapat berpindah ke halaman lain melalui internal links.
- Pendekatan ini dapat membantu meningkatkan kontenmu dengan memastikan bahwa lebih banyak halaman mendapatkan manfaat dari otoritas bersama.
Tautkan ke Konten Populer
Salah satu cara paling efektif untuk memaksimalkan kekuatan internal link di situsmu adalah dengan menambahkan tautan ke postingan yang paling populer.
Konten populer biasanya sudah terbukti menarik banyak pengunjung atau memiliki performa tinggi di hasil pencarian.
Ini bukan hanya membantu menaikkan peringkat mereka di hasil pencarian Google, tapi juga membuatnya lebih mudah diakses oleh pengunjung.
Semakin sering pengunjung melihat dan mengklik konten tersebut, maka akan semakin tinggi pula peluang meningkatnya trafik situs, dan Google menyukai situs yang ramai pengunjung!
Ini adalah beberapa cara praktis menambah tautan ke postingan populer:
- Pastikan judul link menarik dan sesuai dengan isi artikel agar pengunjung tertarik untuk mengkliknya.
- Tempatkan tautan ke 3–5 artikel terpopuler di sidebar situsmu.
- Tambahkan bagian “Baca Juga” di bawah setiap artikel yang mengarahkan ke konten terbaik.
- Pasang tautan ke artikel populer di footer, sehingga muncul di seluruh halaman situs.
Dengan begitu, halaman-halaman populer tersebut akan menerima aliran nilai tautan (link juice) dari berbagai halaman lain di situsmu.
Perbedaan Internal dan External Link
Setiap kali kamu membangun atau mengelola sebuah situs web, penting untuk memahami dua jenis tautan utama, yaitu internal link dan external link. Internal link adalah tautan yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain di dalam situsmu sendiri.
Misalnya, saat kamu membuat artikel baru dan menautkannya ke artikel lama yang relevan, itu termasuk internal link.
Sementara itu, external link adalah tautan yang mengarahkan pengunjung dari situsmu ke situs web lain di luar sana, bisa jadi ke sumber referensi, blog orang lain, atau halaman produk dari mitra bisnis.
Keduanya punya fungsi yang berbeda, dan di dalam artikel ini, kita fokus membahas bagaimana internal link bisa membantu meningkatkan performa SEO situsmu secara keseluruhan.
Ingin optimasi internal links situsmu jadi makin mantap? Yuk, gunakan jasa SEO dari Optimaise. Kamu bisa memilih paket layanan yang tersedia, dimana di dalamnya sudah termasuk optimasi internal link. Kamu juga bisa memilih layanan paket sesuai dengan kondisi budgetmu, lho!